Senin, 25 Februari 2013

Sejarah Permen Karet

ilustrasi
Siapa yang tidak mengenal permen lembut dan enak dikunyah ini, Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warna dan rasanya pun sangat beragam. Ternyata permen ini telah ditemukan sekitar 9000 tahun yang lalu.


Bukti sejarah tertua ditemukan pada tahun 1933 oleh para arkeolog berupa gumpalan uang berisi pemanis madu yang telah berusia 9000 tahun yang dikunyah oleh pemburu di Swedia, bagi masyarakat Yunani kuno mengunyah permen karet adalah merupakan kebiasaan umum di masyarakat mereka mengunyah damar dari pohon mastic yang berasal dari Turki.

Pembuatan permen karet dan bisnis pertama kalinya dilakukan oleh John Curtispada tahun 1848 dengan mendidihkan damar cemara di dalam panci dan dijajakan oleh anaknya dari rumah ke rumah dan akhirnya laku keras.

Permen karet memiliki banyak jenis 



Gum Balls- permen karet ini berbentuk seperti bola dan dilapisi. Ini adalah permen karet yang paling sering di jual di mesin permen karet



Bubblegum - permen karet ini dibuat agar bisa digelembungkan ketika ditiup







Center Filled Gum - permen karet lembut dan memiliki isi di dalamnya biasanya berbentuk cair / lembut





Sugarfree gum - permen karet yang dibuat dengan pemanis buatan dan biasanya adalah permen karet pembersih gigi/ penyegar nafas




Kalian mungkin salah satu penggemar permen karet bukan ? :)

dikutip dari Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar