Minggu, 01 Juli 2012

5 makanan terekstrim di dunia

 sebagian dari anda mungkin pernah memakan makanan yang aneh/ belum pernah kita rasakan. Ternyata di dunia ini banyak makanan-makanan yang lebih aneh dan ekstrem dan mungkin terlihat menjijikan. Inilah daftar 5 makanan terekstrim di dunia:
 
 1. Balut
Balut (yang dalam bahasa Vietnam Trứng vịt lộn atau Hột vịt lộn, Pong tea khon dalam bahasa kamboja) adalah telur itik atau ayam yang berisi embrio itik yang hampir sempurna yang direbus dan dimakan. Makanan ini sangat sering ditemukan di Asia Tenggara, seperti Filipina, Kamboja dan Vietnam. Makanan ini dipercayai sebagai afrodisiak dan dianggap berprotein tinggi, balut dapat ditemukan di toko kaki lima pada malam hari. Makanan ini kadang disajikan dengan bir.

2. Casu marzu

Casu marzu (disebut juga casu modde, casu cundhídu atau formaggio marcio) adalah keju tradisional dari Sardinia yang terbuat dari susu domba. Casu marzu berarti "keju busuk" dalam bahasa Sardinia dan keju ini juga dikenal sebagai keju belatung. Keju ini dilarang dikonsumsi di Uni eropa, namun dapat ditemukan di pasar gelap di Sardinia, Italia Keju ini dibuat dengan menggunakan larva dari lalat keju yang termasuk keluarga Piophila casei. Lalat ini dikenal juga dengan istilah cheese skipper. Keju ini berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan sakit perut, muntah-muntah, diare dan intestinal myiasis atau penyakit usus.
 Casu marzu memiliki rasa yang tajam dan tekstur yang sangat lunak. Keju ini mengeluarkan cairan yang disebut lagrima yang berarti "air mata" dalam bahasa Sardinia. Bagi para ahli entomologi lagrima ini dikenal sebagai "pembusukan hitam" dalam tahap dekomposisi. Satu potong keju casu marzu dapat dipenuhi dengan ribuan belatung hidup. Menurut warga lokal Sardinia, casu marzu hanya boleh dimakan ketika belatung-belatungnya masih hidup. Ketika belatung-belatung tersebut mati, casu marzu menjadi busuk dan beracun untuk dikonsumsi manusia.


 3. Hakarl


Hakarl adalah makanan yang dibuat dari perut hiu Baskin Greenland yang difermentasi selama dua hingga empat bulan. Hakarl tersedia di toko makanan di Islandia memiliki bau tajam amoniak. Selama penyajiannya, hakarl dipotong kecil-kecil dengan tusuk gigi. Anthony Bourdain, pelancong makanan teraneh di dunia mengklaim hakarl, makanan asal Islandia salah satu menu paling menjijikkan di muka bumi.

 4. Tiram Rocky Mountain

Tiram yang satu ini bukan berasal dari laut, melainkan nama yang diberikan untuk testis goreng kerbau, sapi atau babi. Rocky Mountain tiram atau 'Prairie Oysters' adalah menu yang terkenal di wilayah tertentu AS dan Kanada. Biasanya, bahan makanan diperoleh dari peternakan. Testis dikupas, direbus, dan digiling dengan tepung lalu digoreng. Biasanya menu disajikan bersama saus koktail.

 5. Serangga

Memakan serangga atau entomophagy cukup umum di berbagai belahan dunia, kecuali Amerika Utara dan Eropa. Tak sulit menemukan pedagang yang menjual belalang goreng, jangkrik, kalajengking, laba-laba dan cacing di jalan-jalan di Bangkok, Thailand. Serangga merupakan sumber makanan tinggi protein dengan asam lemak dan vitamin yang penting bagi tubuh. Bahkan, tepung serangga sering digunakan untuk membuat chocolate chips.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar